Sabtu, 01 September 2012

Teh Basi, Solusi Untuk Rambut Rontok


Rambut yang juga dikenal sebagai mahkota ini tak dapat dipisahkan dari rasa percaya diri seseorang. Memiliki rambut sehat dan indah menjadi dambaan setiap orang, baik itu pria maupun wanita. Bagi wanita, rambut adalah harta berharga yang harus dijaga dan dirawat dengan segenap jiwa. Sedangkan bagi pria, rambut dapat menjadi gambaran jati diri yang mewakili kepribadian mereka.


Apa yang terjadi jika rambut mengalami kerontokan? Baik pria maupun wanita pasti akan merasa frustrasi. Berbagai macam cara dicoba untuk mengatasi rambut rontok. Mulai dari obat yang mahal sampai obat-obatan yang ditawarkan di pasar bebas, yang bahkan belum diketahui apakah obat tersebut aman digunakan atau tidak. Terkadang, demi mendapatkan rambut sehat seseorang rela mengeluarkan uang yang sangat banyak.

Penyebab Kerontokan Rambut
Tubuh manusia terdiri dari banyak rambut yang sering disebut bulu bila tumbuh di tempat lain selain di kepala. Rambut muncul di epidermis atau bagian kulit sebelah luar. Rambut juga memiliki warna yang berbeda-beda, dipengaruhi oleh pigmen rambut di antaranya pigmen melanin dan pigmen eumelanin.

Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai macam hal:

Nutrisi yang kurang
Kurangnya nutrisi pada rambut dapat menyebabkan rambut rontok karena akar rambut menjadi tidak kuat. Menguatkan akar rambut dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dengan memperbanyak mengkonsumsi vitamin A, B, C dan E, asupan protein dan mineral yang cukup bagi tubuh.

Bahan-bahan kimia yang berbahaya
Bahan kimia yang keras juga dapat menyebabkan rambut rontok. Seperti misalnya bahan kimia yang terkandung dalam obat pelurus rambut, bleaching atau pewarna rambut, dll. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi Anda untuk tidak terlalu sering menggunakan bahan-bahan kimia tersebut. Penggunaan bahan kimia rambut harus disertai dengan perawatan yang intens untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut.

Gen
Kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh gen/keturunan. Jika orangtua Anda tidak memiliki banyak rambut dan sudah mengalami kerontokan sejak usia muda, Anda harus lebih cermat dalam merawat rambut agar bisa menunda kerontokan tersebut.

Stres
Rasa tertekan (stres) yang berlebihan dapat menyebabkan kerontokan. Tak hanya rontok, stres juga dapat menyebabkan rambut kusam dan tidak sehat. Jadi bila kerontokan rambut membuat Anda semakin stres, Anda harus benar-benar memikirkan cara untuk keluar dari rasa stres Anda yang berlebihan untuk mengurangi kerontokan rambut yang Anda alami.

Hamil
Bagi ibu-ibu yang sedang mengandung, kerontokan rambut juga sering dialami. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon pada wanita yang berubah.

Cara Mengatasi Rambut Rontok
Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok, di antaranya mengatur pola makan, hidup sehat, terbebas dari stres, menghindari sinar matahari secara berlebihan, sering memijat kepala saat keramas, dan menggunakan produk-produk alami.

Banyak produk alami yang sebenarnya dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut. Cara tradisional ini bahkan sudah dikenal sejak zaman nenek moyang kita yang sayangnya kurang disosialisasikan pada generasi saat ini. Resep-resep tradisional itu antara lain:

Teh Basi.  
Siram teh dengan air panas, kemudian teh tersebut diembunkan selama 3 hari. Setelah 3 hari gunakan air tersebut sebelum Anda mandi selama 20 menit. Kemudian bilas rambut Anda sampai bersih.

Lidah Buaya
Dalam dunia kecantikan, lidah buaya sudah banyak digunakan khususnya dalam perawatan rambut creambath. Gunakan lidah buaya sebelum mandi. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Perasan Air Wortel
Blender beberapa buah wortel kemudian peras airnya dan tuangkan air wortel tersebut di kepala Anda dan pijat secara perlahan. Kemudian bungkus kepala Anda dengan handuk dan diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih.

Sumber : lazyflowerisme

Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...