Sabtu, 01 September 2012

Stres Ternyata Bermanfaat


Stres memang diketahui umum tidak baik dampaknya bagi manusia, selain bisa memicu penyakit jantung, hipertensi, stress juga meningkatkan gangguan kesehatan lainnya. Namun, menurut penelitian, stres ternyata bisa memperbaiki kesehatan. "Aspek positif dari stress juga tidak bisa diabaikan," tutur Ken Robbins MD, seorang professor kejiwaan dari University of Wisconsin-Madison.

Saat stress, kelenjar ginjal akan melepaskan sejumlah hormon, termasuk adrenalin yang mempercepat detak jantung dan meningkatkan energi dan kortisol, yang meningkatkan kadar glukosa dalam aliran darah. Jika lama, Anda akan mulai merasakan penyakit. Tapi untuk jangka waktu singkat, stress bisa membuat tubuh lebih efisien dan pikiran lebih tajam.

Stres membuat Anda lebih cerdas
Gunakan hal ini sebagai strategi dan bukannya penghalang Anda. Penelitian dari The Rockefeller University di New York dan University of Buffalo menunjukkan bahwa stress bisa menguatkan proses pembelajaran dan memori. Saat Anda terlalu cemas untuk beristirahat, jangan memaksakan diri. Duduklah di dekat laporan atau tugas-tugas Anda yang memerlukan semua keahlian Anda, maka Anda bisa mengalihkan stress tersebut.

Stres buat Anda lebih manis
Saat stress, tubuh akan mengeluarkan oxytocin, hormon yang menguatkan ikatan. Karena itu, gunakan waktu untuk menghubungi teman dekat atau pasangan Anda, ataupun keluarga Anda. Aturlah perasaan Anda agar stress tersebut tidak menjadi berlebihan dan malah merusak hubungan yang sudah Anda bina.

Stres membuat Anda lebih sehat
Stres bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Anda tidak perlu melakukan apapun, cukup menikmati manfaat perlindungan dari stress jangka pendek karena stress ini bisa menyiapkan tubuh melawan gangguan di masa depan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, stress jangka pendek sangat baik manfaatnya, namun jangan sampai Anda membawa stress itu sampai jangka panjang, karena yang rugi Anda sendiri. Jika memungkinkan, cegahlah agar Anda tidak selalu stress. Misalnya saja, setiap hari di kantor, Anda diharuskan mempunyai deadline yang sungguh membuat pikiran Anda stress setiap hari. Tidak ada salahnya Anda berganti pekerjaan yang tidak terlalu menuntut Anda.

Sumber : mediaindonesia/lh3

Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...