Senin, 24 September 2012

Perusak Lukisan Yesus Minta Royalti


Cecilia Gimenez, nenek berusia 80 tahunan yang tanpa sengaja merusak lukisan wajah Yesus dari abad ke-19 menuntut royalti karena kecelakaan yang dilakukannya itu justru menjadi aktraksi bagi para turis. Penerbangan murah Ryanair bahkan menawarkan paket murah untuk berkunjung ke kota Spanyol itu, dan mendorong turis untuk melihat lukisan dinding di gereja di kota Borja.


Menurut Enrigue Trebolle, kuasa hukum Gimenez, ganti rugi itu akan disalurkan ke badan amal.  "Ia hanya ingin (gereja) mematuhi hukum. Bila ini berarti ganti rugi, maka ia ingin menyerahkannya ke badan amal," kata Enrigue Trebolle seperti dikutip dari BBC. 

Diberitakan sebelumnya, Gimenez berniat untuk memperbaiki lukisan dinding berjudul Ecce Homo (Behold The Man) karya Elias Garcia Martinez yang telah berusia 120 tahun tersebut. Namun sayangnya, aksinya tersebut justru membuat wajah Yesus tidak nampak karena tertutup goresan cat yang digunakannya.

Menurut Gimenez, sebelum melakukan aksinya itu, ia telah mendapat izin dari pihak gereja untuk memperbaiki lukisan tersebut. "Saya tidak memiliki niat lain selain niat baik dan selalu meyakini bahwa saya melakukan hal yang benar. Di samping itu, saya belum selesai melukis," tambahnya.

Ia menyadari kesalahannya dan mengontak pejabat kota yang bertanggung jawab untuk seni dan budaya. Para pejabat setempat mengatakan ia berniat baik dan bertujuan untuk melakukan restorasi lukisan.

Walaupun tujuannya terdengar baik, namun seharusnya Gimenez tetap tidak memanfaatkan hal ini untuk meraup keuntungan. Sebaiknya jika memang ingin memberi sesuatu untuk orang lain, hal itu harus benar-benar berasal dari milik kita sehingga ada pengorbanan dan perjuangan dalam melakukannya. Dengan begitu kita akan melatih iman kita dalam memberi ataupun perbuatan baik lainnya.

Sumber : bbc/vina

Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...