Sabtu, 08 September 2012

6 Pelajaran Kesuksesan Yang Tidak Ada di Bangku Kuliah


Untuk belajar, tidak selalu harus berada di bangku kuliah. Hal ini terbukti dengan adanya para usahawan yang sukses sekalipun tidak pernah kuliah atau bahkan drop out dari kuliahnya.  Berikut ini adalah 6 hal yang membuat orang sukses dalam karir, dan hal itu bisa ditemui diluar bangku sekolah:

1. Anda bisa belajar berbagai hal yang bermanfaat dari setiap orang yang Anda kenal
Jika kita telah mengabaikan seseorang karena sudah kita labeli sebagai seseorang yang "kurang pintar" maka kita telah melakukan kesalahan fatal. Selain sombong dan aragon, mindset tersebut membuat pikiran kita menolak semuah hal yang bermakna yang bisa kita pelajari dari orang tersebut. Sebaliknya, jika kita terbuka dan mau menjadi pendengar yang baik, maka kita bisa mendapatkan berbagai kebijaksanaan dari setiap orang yang kita jumpai.

2. Mampu menjaga kualitas
Rencana yang paling brilian sekalipun, tidak peduli seberapa besar upaya yang dilakukan, jika tidak bisa menjaga kualitasnya, maka akibatnya sangat fatal. Jadi, untuk menjadi orang yang sukses, Anda harus bisa menjaga kualitas diri Anda dan juga produk Anda.

3. Mentalitas yang kuat dalam mengejar mimpi
Dalam kehidupan ini, banyak hal yang dapat membunuh mimpi-mimpi dan harapan Anda untuk maju. Untuk itu, Anda harus selektif terhadap apa yang Anda dengarkan, dalam hal ini adalah pendapat-pendapat orang lain. Jangan biarkan intimidasi orang lain menghilangkan kepercayaan diri Anda.

4. Mengerti prinsip timbal balik
Jika Anda tidak bisa berbuat baik, ataupun membalas budi mereka yang sudah menolong Anda, maka Anda "cacat" dalam hubungan. Mereka yang sukses pandai dalam mengelola hubungan, dan mengerti akan hukum timbal balik atau tabur tuai.

5. Belajar adalah hal baik, melakukan adalah sesuatu yang lebih baik
Belajar tentu sangat baik, dan kita memang harus belajar dan mengembangkan diri. Namun untuk sukses, Anda tidak cukup berpengetahuan tetapi harus mempraktekkan apa yang Anda pelajar.

6. Uang itu penting, tetapi pengalaman lebih berharga
Jujur, uang adalah pertimbangan penting saat kita bekerja. Namun ada yang lebih berharga dari uang, dan nilainya tidak bisa dibeli oleh uang, yaitu pengalaman kerja. Ketika kita berinvestasi pada pengalaman, maka kita akan menuai pelajaran baru, hubungan dengan banyak relasi dan klien, dan juga mendapat cara pandang yang lebih baik dalam suatu bidang. Hal ini tidak bisa Anda temukan di bangku kuliah.
Hal yang terakhir adalah bersiaplah, Anda tidak akan pernah tahu kapan pintu kesempatan itu terbuka. Namun jika kita selalu siap, maka begitu pintu kesempatan itu terbuka, Anda dapat memanfaatkan peluang sukses itu sebaik-baiknya.

Sumber : Forbes.com | Puji Astuti


Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...