Rabu, 29 Agustus 2012

Terusir dari Habitatnya, Orangutan Ini Dibakar Warga


Seekor orangutan dievakuasi dalam kondisi penuh luka bakar. Awalnya, dia terusir dari habitatnya demi perluasan perkebunan kelapa sawit dan hutan tanaman industri (HTI) dan juga menjadi korban pembalakan liar hutan, sehingga orangutan jantan ini masuk ke permukiman penduduk. Namun, dia tidak diterima di sana. Akhirnya dia dievakuasi dalam kondisi lemah dan kesakitan akibat bulu dan kulit terkelupas, setelah warga membakarnya.

Selama empat hari, warga mencoba mengusirnya. Ada berbagai cara yang dilakukan warga untuk membuatnya turun dari pohon seperti petasan, bius dan kemudian membakar pohon kelapa tersebut. Warga juga melancarkan upaya terakhir : dukun. Warga mengumpulkan bahan-bahan seperti daun sirih 3 batang, teluar ayam kampung 1 buah, dan sebatang rokok untuk dukun yang bernama Iskandar. Dia melakukan jampi-jampi.

Namun, setelah orangutan itu ditembak obat bius, dia baru pingsan dan menjatuhkan diri, tutur salah seorang warga, Daeng Ramli. Saat ini, orangutan tersebut dibawa oleh Daops Manggala Agni Rasau Jaya, Balap Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat untuk menjalani pemulihan.

Sudah jatuh ditimpa tangga, itulah kiasan yang tepat untuk menggambarkan keadaan yang dialami orangutan ini. Dan penyebabnya adalah manusia. Tidak hanya kepada binatang, kita sebagai manusia seringkali tidak menyadari bahwa kita pun merugikan manusia lainnya.

Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...