Selasa, 28 Agustus 2012

Ingin Naik Gaji? Tanyakan Dulu 3 Pertanyaan Ini


Seorang pekerja yang telah bekerja dengan baik, tentu saja ingin mengalami kenaikan gaji. Namun jika salah langkah dalam mengajukan kenaikan gaji ini, hal tersebut bisa menjadi boomerang bagi si pekerja sendiri.

Ingatlah bahwa hanya karena Anda berpikir telah siap untuk kenaikan gaji, bukan berarti pemimpin dan perusahaan Anda siap untuk memberikannya. Jika Anda memutuskan bahwa Anda siap untuk meminta kenaikan gaji, itu hebat! Tetapi sebelum Anda menemui pimpinan Anda, ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab dengan jujur sebagai bahan berpikir.

1. Apakah Anda telah bekerja lebih dari satu tahun ?

Mungkin hal ini terdengar sangat kolot, namun mengingat banyaknya orang yang berpindah-pindah kerja, standar minimal satu tahun bekerja sesuatu perbedaan yang cukup besar yang bisa menjadi pertimbangan bagi manajemen perusahaan untuk menaikkan gaji karyawannya.
Jika Anda baru masuk kerja, satu tahun sepertinya sangat lama. Namun coba tempatkan diri Anda pada posisi pimpinan Anda, berapa lama dia telah bekerja, 5 tahun atau 10 tahun sebelum Anda? Bahkan sekalipun manajer Anda terkesan dengan performa kerja Anda, meminta kenaikan gaji sebelum satu tahun akan menjadi sesuatu yang rentan pandangan negative.

Kecuali Anda diberi pandungan khusus tentang jadwal promosi atau pun ketentuan promosi, maka pertimbangkan masa kerja Anda sebelum mengajukan kenaikan gaji.

2. Bagaimana keadaan perusahaan Anda?

Jika perusahaan Anda dalam masa transisi seperti merger atau rekstrukturisasi, hal itu adalah waktu yang buruk untuk mengajukan kenaikan gaji. Hal yang sama jika kondisi keuangan perusahaan sedang dalam masa krisis. Untuk masa ini, langkah terbaik adalah mengetatkan ikat pinggang, dan tetap bekerja keras untuk berkontribusi bagi perusahaan.

Namun jika Anda melihat kondisi perusahaan sedang berkembang atau bahkan naik pesat, maka hal itu bisa dipertimbangkan. Tetapi seharusnya jika managemen perusahaan berjalan dengan baik, pasti ketika perusahaan mengalami perkembangan yang baik akan memperhatikan kesejahteraan karyawannya tanpa diminta.

3. Anda memberikan melebihi harapan mereka atau hanya sebatas harapan mereka?

Jika Anda merasa bahwa jangka waktu dan kondisi perusahaan sudah memungkinkan bagi Anda untuk mengajukan kenaikan kerja, maka pertanyaan terakhir ini akan menentukan langkah Anda seharusnya. Anda memberikan melebihi harapan mereka atau hanya sebatas harapan mereka? Menjawab pertanyaan ini secara jujur bukanlah sesuatu yang mudah, namun percayalah jika Anda membuat penilaian terhadap diri sendiri seperti ini maka Anda tidak akan pernah menyesal ketika menghadapi pimpinan Anda.

Meminta kenaikan gaji adalah langkah yang sulit dalam kehidupan kerja, dan juga langkah yang penting untuk kehidupan pribadi dan juga keluarga seseorang. Melakukan negosiasi tentang hal ini diperlukan sebuah pijakan yang kuat sehingga pemimpin dan manajemen perusahaan dapat mengerti posisi dan kondisi Anda. Untuk, pertimbangkan ketiga pertanyaan di atas baik-baik untuk menentukan langkah selanjutnya. Selamat mencoba…

Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...