Selasa, 28 Agustus 2012

Buah - Buah Ajaib Menurut Ahli


Segala sesuatu yang alami selalu memiliki nilai lebih untuk menjaga kesehatan dan melindungi diri kita dari penyakit. Salah satunya adalah melalui buah-buahan yang dikelompokkan oleh para pakar nutrisi sebagai "buah super". Keri Glassman, pendiri NutritiousLifeMeals.com mengatakan, agar buah-buah "super" ini dimakan dalam kondisi segar sebanyak 5-9 porsi dalam sehari :

Acai berry
Buah ini memiliki kandungan antioksidan tinggi dibandingkan buah berry lainnya. Namun, buah ini sulit didapatkan dalam kondisi segar karena asalnya dari Brasil. Untuk itu, saran Glassman, Anda dapat menggunakan acai berry yang diolah berbentuk bubuk kemudian dicampur pada smoothie.

Apel
Apel adalah buah kaya serat. Pada bagian kulitnya baik apel warna merah maupun hijau memiliki kandungan quercetin, yang membantu melindungi Anda dari penyakit jantung dan alergi. Sebuah studi dari St George Hospital Medical School di London menemukan bahwa orang yang makan lima atau lebih buah apel memiliki fungsi paru-paru lebih baik.

Alpukat
Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, sekaligus meningkatkan jumlah kolesterol baik. Lemak sehat dalam alpukat membantu penyerapan beta karoten dan likopen yang penting untuk kesehatan jantung.

Pisang
Buah pisang memiliki kandungan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah Anda. Pisang adalah salah satu sumber karbohidrat sehat yang membantu meningkatkan metabolisme.

Blackberry
Blackberry merupakan buah kaya antioksidan. Menurut USDA, buah ini kaya polifenol yang dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan osteoporosis.

Blueberry
Menurut penelitian, kadar flavonoid tinggi pada blueberry membantu menjaga fungsi otak seiring pertumbuhan usia. Tentunya bila dikonsumsi secara teratur. Wanita yang mengonsumsi blueberry mengalami perlambatan penuaan 2,5 tahun. Buah ini juga kaya mangan yang penting dalam proses metabolisme sehingga membuat Anda tetap langsing dan berenergi.

Blewah
Untuk mendapatkan kulit cerah dan lebih muda, coba pertimbangkan buah satu ini. Masuk dalam kategori buah super, karena blewah memiliki kandungan vitamin A berikut turunannya yang dapat meningkatkan reproduksi sel pada tubuh.

Buah Ceri
Ceri kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, trigliserida rendah, dan mengurangi kolesterol. Dalam penelitian terbaru di University of Michigan, ditemukan bahwa ceri dapat menurunkan peradangan pembuluh darah sampai 50 persen. Ceri juga baik untuk menurunkan berat badan dan kadar kolesterol.

Jeruk nipis
Baik jeruk nipis maupun jeruk keprok adalah buah sarat vitamin C. Vitamin C ini dapat memperbaiki kerusakan pada tubuh akibat paparan sinar matahari, mengatur kelenjar minyak, bahkan mencegah bintik-bintik tanda penuaan.

Cranberry
Buah ini sangat bersahabat terutama untuk perempuan. Cranberry dapat mencegah infeksi saluran kecing dan membantu melawan penyakit yang jauh lebih menakutkan, kanker ovarium. Buah ini, menurut studi Universitas Rutgers, digunakan untuk meningkatkan efektivitas obat kemoterapi. Meminum jus cranberry tanpa gula setiap hari meningkatkan lemak baik bagi tubuh.

Tuhan telah menciptakan manusia pada hari terakhir setelah sebelumnya Dia menciptakan alam untuk memenuhi kebutuhan kita. Ini adalah salah satu wujud cinta-Nya kepada kita yang harus kita syukuri dan responi dengan penuh tanggung jawab. 

Sumber : kompas/vinav

Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...